Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membuka Bisnis Restoran : Okezone Economy

0 2



JAKARTA – Bisnis Restoran merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang menjanjikan dan mampu bertahan lama. Hal ini karena makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Tak heran banyak orang ingin terjun ke dalam bisnis ini.

Meski begitu, memulai bisnis restoran juga memiliki tantangan tersendiri. Dibutuhkan perencanaan yang matang untuk membuatnya bertahan lama. Sebab, sudah banyak pelaku bisnis restoran yang gagal, karena hanya bermodalkan “nekat” tanpa pengetahuan dan persiapan.

Dilansir dari The Balance Small Business, Jakarta, Sabtu (6/2/2021), sebelum benar-benar terjun dalam bisnis ini, ada beberapa hal penting yang harus diketahui untuk memiliki restoran yang sukses.

Baca Juga: Mal dan Resto Tutup Pukul 20.00, Pengusaha: Nanggung

1. Tidak Semua Orang Cocok Menjadi Pemilik Restoran

Senang memasak atau suka makan, tidak membuat seseorang memenuhi syarat sebagai pemilik restoran. Perhatikan beberapa hal lain seperti, apakah suka bekerja dalam waktu lama? Tak masalah jika tidak mendapat gaji? Membeli asuransi kesehatan sendiri?

Menjadi pemilik restoran pasti memiliki keuntungan, seperti tidak ada yang mengatur. Tapi itu juga disertai dengan beban tanggung jawab yang besar. Maka, sebelum memulai bisnis restoran, pastikan sudah siap menghadapi segala macam risiko.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang, Mal dan Restoran Boleh Buka Sampai Jam 8 Malam

2. Lokasi Restoran Sangat Penting

Lokasi merupakan salah satu bagian terpenting yang harus dipikirkan ketika membuka bisnis restoran. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari lokasi yang bagus, saat melihat pembukaan restoran baru. Sebaliknya, jangan pernah meremehkan kerugian akibat lokasi yang buruk.

Lokasi restoran yang bagus akan sangat mempengaruhi kesuksesannya bisnis restoran. Sebisa mungkin temukan lokasi yang strategis untuk restoran, sehingga dapat menarik banyak pelanggan.

3. Restoran Baru Tidak Murah

Membuka restoran baru tentu tidak murah. Tergantung pada ukuran, lokasi, dan tema restoran, ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Maka persiapkan modal yang cukup dan sesuaikan dengan pilihan konsepnya.

Jika mencari cara untuk masuk ke bisnis restoran, tanpa menghabiskan banyak uang, pertimbangkan katering, bisnis food truck, atau bahkan restoran pop-up. Masing-masing konsep restoran ini jauh lebih murah daripada restoran konvensional.

4. Pilih Konsep Restoran yang Jelas

Konsep sangat penting karena akan berkaitan dengan keseluruhan hal, mulai dari menu, dekorasi, hingga nama restoran yang dipilih. Cari konsep yang bisa membuat restoran menjadi terlihat unik dan menonjol dari kompetitornya.

5. Buat Rencana Bisnis

Untuk mendapatkan jenis pembiayaan apa pun, baik melalui bank, asosiasi bisnis kecil, atau investor swasta, memerlukan rencana bisnis yang ditulis dengan baik. Rencana bisnis akan sangat membantu para pelaku bisnis yang baru mengenal industri makanan atau restoran.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.