Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Bapak Kucing, Manusia Paling Baik di Palestina Meninggal karena Covid-19 : Okezone News

0 2



YERUSALEM – Warga Palestina di Yerusalem Timur berduka atas meninggalnya seorang pria yang digambarkan sebagai salah satu manusia paling baik di kota itu karena komplikasi virus Corona.

Ghassan Younes (72), yang dijuluki “Bapak kucing”, mendedikasikan hidupnya untuk memberi makan kucing di Kompleks Masjid al-Aqsa .

Sepanjang hidupnya, dia terkenal di sekitar Yerusalem Timur karena berjalan lebih dari satu jam sehari dari rumahnya untuk memberi makan kucing dan burung serta membagikan permen kepada anak-anak dan siswa di kompleks Masjid al-Aqsa.

Pensiunan yang biasa bolak-balik selama 90 menit setiap hari, lima hari seminggu untuk memberi makan kucing dan hewan lain di sekitar Masjid Al-Aqsa, juga biasa memberikan kelas pengembangan karakter Islam kepada anak muda.

Baca Juga: Pakar Kesehatan: Vaksin Tak Membuat Anda Kebal Seketika dari Covid-19

Dia tinggal di kota Ar’ara di dalam Israel, di selatan kota Arab Umm al-Fahm, tetapi tetap di masjid selama lebih dari 30 tahun.

Dia dinyatakan positif virus Corona pada November lalu.

Dalam wawancara sebelumnya, Younes mengatakan dia terinspirasi oleh salah satu sahabat Nabi Muhammad, yang dijuluki “Abu Hurayrah”, bahasa Arab untuk “ayah dari anak kucing”, untuk mendedikasikan sebagian besar hidupnya untuk merawat kucing di sekitar situs suci Umat Islam itu.

Orang-orang Palestina yang berduka atas kematiannya mengatakan bahwa ia termasuk orang yang paling baik hati di komunitas lokal. Mereka saling menghibur dengan memposting hadist Nabi Muhammad SAW bahwa mereka yang meninggal karena wabah dianggap sebagai martir di mata Allah SWT.

Kabar kematiannya pun menjadi viral di media sosial, dengan banyak orang membagikan foto dan video momen-momen kebaikan Younes.

“Hajj Younes adalah salah satu orang yang paling tidak mementingkan diri sendiri di komunitas,” kata Qasem Abdelhaq, seorang pemimpin komunitas di lingkungan Silwan Yerusalem seperti dikutip dari Al Araby, Jumat (22/1/2021).

“Dia biasa dijuluki ‘Abu Al-Qatt’ (ayah kucing) karena dia biasa datang ke Masjid al-Aqsa dari kampung halamannya di wilayah 1948 saat fajar untuk memberi makan kucing dan burung,” tambahnya.

Abdelhaq menambahkan, Younes yang kerap memotret kucing di luar kompleks masjid itu tidak hanya baik pada hewan, tapi juga kepada anak-anak dan warga sekitar, serta pengunjung masjid.

“Dia dikenal karena membagikan permen dan balon kepada anak-anak, lalu membagikan pakaian dan permen kepada pengunjung Masjid al-Aqsa yang diberkati. Dia adalah orang yang sangat baik; semoga Tuhan mengasihani dia dan mengampuni dia dan memberinya pahala terbesar di akhirat,” ujar Abdelhaq.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.