Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Bupati dan Wabup Mamuju Terpilih Diharap Fokus Percepatan Pemulihan Pascagempa

0 3


Bupati dan Wabup Mamuju Terpilih Diharap Fokus Percepatan Pemulihan Pascagempa
Bupati dan Wakil Bupati Mamuju terpilih, Sutinah Suhardi dan Ado Mas'ud. Foto: Dok. Istimewa

Penetapan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Mamuju terpilih, Sitti Sutinah Suhardi dan Ado Mas'ud, menjadi tahapan terakhir proses pilkada di ibu kota Sulawesi Barat ini.

Setelah berproses di Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju menetapkan pasangan Sutinah-Ado Mas'ud sebagai pemenang Pilkada Mamuju 2020.

Ketua Tim Koalisi Pemenangan Tina-Ado, Muhammad Reza, mengatakan usai penetapan, pihaknya akan melakukan rapat bersama unsur pimpinan di DPRD Mamuju.

"Insyaallah setelah penetapan masih ada waktu empat hari menunggu paripurna DPRD kemudian diusulkan ke gubernur, kemudian gubernur tembusan lagi ke Mendagri," kata Reza, Senin (22/2).

Menurut dia, transisi kepemimpinan di Mamuju usai putusan MK perlu dipercepat prosesnya mengingat Mamuju dalam masa pemulihan usai diguncang gempa 6,2 magnitudo.

"Apalagi kita sekarang dilanda bencana, harus ada pemerintahan baru yang betul-betul melakukan dobrakan agar Mamuju cepat bangkit," ujarnya.

Ketua Relawan Mamuju Keren, Hajrul Malik, menambahkan tim transisi yang dibentuk sudah bekerja dua hingga tiga pekan ke depan untuk mempersiapkan prioritas program kerja 100 hari usai Tina-Ado dilantik, termasuk kartu Mamuju Keren dan mempersiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Targetnya kemarin, draf RPJMD sudah selesai sebelum pelantikan. Tapi karena ada bencana, satu bulan ini kita tidak melakukan rapat di tim transisi," terang Hajrul.

Dia bilang, dengan dibentuknya tim posko komando transisi, pihaknya juga akan bertemu dengan NGO dan para relawan yang masih ada di Mamuju untuk saling memberikan support dalam masa transisi pemulihan pascagempa.

"Jadi seluruh klaster NGO yang ada di sini mulai dari pendidikan, kesehatan, anak, perumahan, dan seterusnya itu sudah terbentuk Pokja-nya. Jadi kami dari tim transisi ini mempersiapkan segala sesuatu untuk segera. Begitu Ibu dilantik dan pak wakil, mereka akan pidato untuk melakukan kerja prioritas satu, dua, tiga dan seterusnya itu yang akan disampaikan ke publik," jelasnya.

Pada Pilkada Mamuju, pasangan Sutinah-Ado unggul dengan perolehan 76.627 suara, mengalahkan pasangan petahana Habsi Wahid-Irwan SP Pababari yang memperoleh 67.029 suara.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.