Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Gaji Dipotong Gegara Covid-19, Ini Siasat agar Kantong Tak Jebol : Okezone Economy

0 2



JAKARTA – Dampak corona telah banyak memukul banyak sektor usaha, hingga membuat pemasukan bisnis jadi terganggu. Salah satu dampaknya pada efisiensi termasuk pengurangan tenaga kerja dan pemotongan gaji.

Lantas bagaimana caranya agar Anda tetap bisa bertahan di tengah gejolak perekonomian sekarang ini? Financial Planner Rista Zwestika menyebut yang harus dilakukan adalah melakukan bujeting pengeluaran yang rutin dilakukan setiap bulannya.

Baca Juga: Ini Alasan Pentingnya Punya Asuransi di Tengah Covid-19

Apabila sesudah melakukan bujeting ditemukan adanya sebuah biaya pengeluaran yang bisa dipindahkan ke anggaran lain, maka segera lakukan. Hal ini supaya keuangan Anda tak mengalami gangguan.

“Kira-kira apa yang bisa kita kurangi, kalau ada dananya bisa kita alihkan ke dalam pos-pos keuangan yang saat ini urgen banget, seperti dana darurat, melunasi utang, dan asuransi,” kata Rista dalam diskusi virtual, Senin (25/1/2021).

Baca Juga: Kelola Keuangan di Tengah Covid-19, Dahulukan Skala Prioritas Bukan Keinginan

Dia menjelaskan, dengan cara bujeting seperti itu akan diketahui berapa besar Anda harus mengeluarkan dana untuk dialokasikan kepada dana darurat. Kemudian, Anda juga mesti memutar otak untuk bisa mendapatkan pendapatan tetap seperti biasanya.

“Misal pengeluaran Rp10 juta, jadi aku harus dapat Rp15 juta, di mana Rp5 jutanya bisa aku saving. Selalu ada punya target lebih untuk dapat incomenya. Kalau punya harus dimasukkan ke dalam pos-pos tabungan dan dana drurat. Kalau ada dana lebih tidak mengubah gaya hidupnya, karena sudah disiapkan ke dalam bentuk dana darurat tadi,” ujarnya.

Dia menambahkan, yang perlu diatur lainnya adalah besaran utang. Kata dia, apabila total utang sudah lebih dari 35% dari pendapatan, maka salah satu utangnya itu sudah harus ada yang dilunasi.

“Kalau ada yang bisa kita lunasi, lunasi dulu. Utang tidak boleh lebih dari 35% dari pendapatan kita,” katanya.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.