Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Gaya Baru Berpelesir di Daratan Amerika Serikat

0 3


Gaya Baru Berpelesir di Daratan Amerika Serikat
Ilustrasi berpelesir dengan sepeda | Gambar oleh Gianni Crestani dari Pixabay

Sebelumnya, bila ingin berpelesir, dari ujung pesisir barat Amerika Serikat (AS) menuju pesisir timur, harus menggunakan mobil atau kendaraan umum. Mesti juga melalui banyak jalur bebas hambatan. Namun kini, gaya baru berpelesir bisa menjadi alternatif. Pilihan dengan bersepeda ataupun berjalan melalui Great American Rail-Trail.

Great American Rail-Trail adalah inisiatif bersepeda paling ambisius yang pernah ada di Amerika. Membentang sepanjang 3.700 mil, dari ibu kota negara, melintasi 12 negara bagian hingga Samudra Pasifik di sebelah barat Seattle. Hal ini adalah gagasan yang telah terpikirkan selama 50 tahun ke belakang.

Rail-Trail diupayakan untuk menghubungkan lebih dari 125 jalur multi guna, jalur hijau, jalan setapak, dan jalur derek yang ada. Rute resmi diumumkan kepada publik pada Mei 2019 oleh Rails-to-Trails Conservancy (RTC), organisasi nirlaba yang berbasis di Washington DC yang memimpin upaya tersebut, ketika jalur tersebut sudah lebih dari setengahnya selesai.

Gaya Baru Berpelesir di Daratan Amerika Serikat (1)
Dok. Rails-to-Trails Conservancy (RTC)

Jalan ini sebagian besar dibangun di atas atau di samping jalur kereta api yang ditinggalkan dengan permukaan mulai dari batu pecah hingga aspal halus. Rel ini — koridor kereta api yang ditinggalkan dan diubah menjadi jalan setapak— mencakup lebih dari 24.000 mil jalur multi guna yang melintasi AS.

Diperkirakan jalur tersebut akan selesai sepenuhnya sebelum tahun 2040 dan juga diperikaran hampir satu dari enam orang Amerika akan tinggal dalam jarak 50 mil dari rute ini. Great American Rail-Trail akan menawarkan pengalaman yang tak tertandingi, tidak dapat dilihat orang yang terbang dari ketinggian 10972,8 meter ataupun melalui jendela mobil.

Gaya Baru Berpelesir di Daratan Amerika Serikat (2)
Ilustrasi berpelesir dengan jalan kaki | Gambar oleh Gianni Crestani dari Pixabay

Menurut sebuah studi dari RTC, pada musim semi, penggunaan jalan setapak sebagai alternatif kegiatan di seluruh AS melonjak hingga 200 persen. Kondisi ini sebagian besar didorong oleh pandemi virus korona. Dengan risiko yang cukup tinggi untuk berolahraga di pusat kebugaran, aktivitas luar ruangan yang berjarak secara fisik, seperti bersepeda dan hiking, diperkirakan akan menjadi alternatif olahraga terbaik dan akan berlangsung selama bertahun-tahun ke depan.

Tidak hanya sebagai sarana aktivitas luar ruangan yang menarik, Great American Rail-Trails memiliki visi yang lebih jauh lagi. Jalur ini adalah cara untuk mengungkapkan bagaimana permadani beragam komunitas AS dapat berjalan secara beriringan satu sama lain. Dan bagaimana masa lalu negara ini terhubung dengan masa kini.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.