Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Ini Cara Pakai Masker Dobel yang Tepat untuk Cegah Covid-19 : Okezone Lifestyle

0 2


PENGGUNAAN masker dobel kini dianjurkan dilakukan semua orang. Pasalnya persebaran virus corona atau covid-19 makin luas dan belum bisa dikendalikan. Dengan menggunakan masker dua lapis ini diyakini lebih efektif mencegah masuknya partikel penyakit penyebab covid-19 ke dalam tubuh.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal Cell, setidaknya 90 persen partikel virus Sars-CoV-2 akan terhalang masuk ke sistem pernapasan saat seseorang memakai masker dobel. Sedangkan dalam penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa dengan pemakaian satu masker kain yang pas rapat di wajah juga bisa mencegah masuknya partikel penyakit.

Baca juga: CDC: Pakai Masker Dobel Cegah Paparan Virus Corona hingga 95 Persen 

Nah, sekarang yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara yang tepat menggunakan masker dobel atau memakai dua masker secara bersamaan tersebut?

Masker. (Foto: User3802032/Freepik)

Seperti dilansir Popsugar, dokter penyakit menular Aruna Subramanian MD menyarankan pertama-pertama yang dipakai adalah masker medis atau masker bedah. Setelah itu baru lapisi dengan masker kain. Cara ini bertujuan agar masker tidak melorot turun karena longgar atau tidak pas tersemat di wajah.

Baca juga: Tahan Napas saat Jalan Lewati Orang Cegah Covid-19, Benarkah? 

“Ini karena masker kain akan membantu masker bedah itu tetap tersemat di tempatnya. Seringnya saat memakai satu lapis masker, masker akan turun ke area bawah hidung. Masker kain lebih mudah dikencangkan, jadi menumpuk masker kain di atas masker bedah akan membuat posisi letaknya aman,” jelas jelas dr Aruna Subramanian MD.

“Intinya ini untuk menjaga masker tetap ada di tempatnya dan ada setidaknya dua lapisan yang akan menangkap droplet,” tambahnya.

Ia melanjutkan, supaya lebih aman lagi, jika memang memiliki masker jenis N95, bisa dipakai ditumpuk di bawah masker medis, atau dengan kata lain sebagai lapisan masker yang pertama. Namun ingat, masker N95 sendiri hanya direkomendasikan untuk para tenaga kesehatan profesional.

Langkah selanjutnya ialah memastikan masker kain yang dipilih adalah masker yang memang layak yakni setidaknya terdiri dari dua lapisan yang tebal. Makin banyak lapisan maka makin banyak droplet yang akan dihalau masuk ke paru-paru.

Baca juga: Ini Batas Maksimal Penggunaan Masker Kain 

Masker. (Foto: Wirestock/Freepik)



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.