Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Liburan di Wonogiri, Ini 7 Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi : Okezone Travel

0 9



WONOGIRI memiliki banyak spot keindahan alam. Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan nasi tiwulnya ini sering dikunjungi wisatawan karena punya banyak objek mulai dari situs sejarah, spiritual, petualangan, edukasi hingga wisata alam.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Alam di Sekitar Makassar, dari Gunung hingga Jejak Prasejarah

Berikut ini 7 destinasi wisata menarik di Wonogiri :

1. Waduk Gajah Mungkur

Tempat wisata terpopuler di Wonogiri ini menjadi salah satu destinasi yang harus dikunjungi. Awalnya merupakan sebuah waduk buatan yang berfungsi sebagai pengendali banjir dan membendung Sungai Bengawan Solo. Kini Waduk Gajah Mungkur berkembang menjadi objek wisata keluarga.

Sebagai destinasi wisata, tempat ini memiliki berbagai daya tarik bagi pengunjung. Seperti pemandangan waduk yang eksotis, area pemancingan, wahana air, taman satwa, taman bermain anak, perahu untuk menyusuri waduk dan lainnya. Di sepanjang jalan juga terdapat berbagai kedai yang menjual menu khas daerah ini. Ikan dan udang bakar menjadi santapan yang pas sangat berwisata di Waduk Gajah Mungkur.

2. Waduk Song Putri

Wonogiri memiliki bendungan lain yang bisa menjadi pilihan wisata selain Waduk Gajah Mungkur, salah satunya adalah Waduk Song Putri yang berada di Dukuh Songputri Kulon, Sindukarto, Eromoko, Wonogiri. Waduk kecil yang kini ramai dikunjungi oleh wisatawan karena disekitarnya ada spot foto yang instagramable.

Karena terletak di dalam pedesaan membuat tempat ini bebas dari polusi. Terbukti dari udaranya yang masih sangat sejuk dan segar. Waduk ini tidak terlalu besar, namun Wisatawan dapat merasakan ketenangan di alam terbuka ini.

3. Telaga Caklet

Memiliki suasana tenang dan nyaman membuat Telaga Caklet cocok untuk tempat bersantai dan menikmati waktu. Menyajikan view telaga yang alami dan beberapa spot foto menarik menjadi favorit kalangan anak muda.

4. Gua Putri Kencono

Destinasi ini cocok untuk para pecinta wisata jelajah. Gua yang terletak di Desa Wonodadi, Wonogiri ini sangat mendukung untuk wisata bertema petualangan. Wisatawan dapat menikmati pemandangan gua yang penuh akan stalaktit dan stalagmit di dalamnya. Keindahan inilah yang mendapat perhatian masyarakat.

5. Museum Wayang Kulit

Museum ini berada dalam satu kompleks Padepokan Pak Bei Tani di Ngebel, Wuryantoro, Wonogiri. Di dalamnya terdapat koleksi-koleksi berupa wayang kulit purwa, wayang golek, wayang Bali, wayang klithik, wayang suket, wayang beber Bali, bakalan wayang hingga topeng. Dikarenakan koleksinya yang lengkap, Pada tahun 2004 museum ini diresmikan sebagai Museum Wayang Indonesia oleh presiden Megawati Soekarnoputri.

6. Kampung Wayang Kepuhsari

Kampung yang terletak di Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini merupakan Kampung wisata yang terkenal dengan seni dan kerajinan wayang kulitnya. Destinasi wisata budaya ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Kearifan lokal dan panoramanya yang indah menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Desa ini mengembangkan konsep wisata edukasi yang nyaman karena tersedianya berbagai paket belajar dengan harga bervariasi lengkap dengan homestay.

7. Taman Bidadari Edupark

Taman Bidadari adalah destinasi wisata menarik yang mengusung konsep edukasi. Tempat wisata buatan ini beralamat di Sendangsari, Gumiwang Lor, Wuryantoro, Wonogiri.

Tempat yang sangat cocok untuk anak-anak hingga kawula muda. Objek wisata utama di dalamnya yaitu water park, area outbond hingga spot kekinian. Suasananya yang segar dengan pemandangan alam khas Wonogiri cocok untuk menyegarkan pikiran.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.