Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Mahasiswa UNDIP Ciptakan Anti-corona Finger untuk Cegah Penyebaran COVID-19

0 2


Mahasiswa UNDIP Ciptakan Anti-corona Finger untuk Cegah Penyebaran COVID-19
Anti-corona Finger buatan mahasiswa Undip. Foto: Dok. Istimewa

Di tengah situasi merebaknya pandemi corona di Indonesia, inovasi kembali hadir dari anak bangsa. Kali ini berasal dari mahasiswa Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Tri Rizki Prihadi.

Tri berhasil menciptakan alat bernama Anti-corona Finger with Authomatic Sterilization System. Alat ini dibuat untuk mempermudah kegiatan yang bersentuhan langsung dengan tangan agar terhindar dari COVID-19.

"Alat ini hanya membutuhkan waktu 5 detik untuk proses sterilisasi menggunakan korek api gas yang sudah terpasang," tulis mahasiswa 21 tahun itu dalam keterangannya.

Mahasiswa UNDIP Ciptakan Anti-corona Finger untuk Cegah Penyebaran COVID-19 (1)
Anti-corona Finger buatan mahasiswa Undip. Foto: Dok. Istimewa

Setelah proses sterilisasi, Anti-corona Finger dapat digunakan untuk membuka dan menutup pintu, menekan tombol lift atau ATM, membawa kresek, dan lain sebagainya. Sehingga, aktivitas tersebut tidak langsung melibatkan sentuhan tangan.

"Anti-corona Finger merupakan program Kuliah Kerja Nyata yang didasarkan pada banyaknya kegiatan masyarakat yang menyentuh benda dengan tangan yang dapat meningkatkan potensi penularan COVID-19," kata Tri.

Anti-corona Finger sempat menarik perhatian Wakil Bupati Brebes kala membagikan bansos di Kelurahan Limbangan Wetan, Brebes. Alat ini dicoba oleh Wakil Bupati Brebes langsung dan para pejabat yang turut menyertainya.

"Menurutnya penemuan ini merupakan inovasi yang bagus yang membuat masyarakat tidak langsung bersentuhan dengan pintu dan sebagainya sehingga terhindar dari virus corona," tutup Tri.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.