Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Mengintip Skenario IHSG Bertahan di 6.300 : Okezone Economy

0 3



JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus mendekati angka 6.300. Adapun pada penutupan perdagangan hari ini, IHSG ditutup naik 17,5 poin atau 0,3% ke 6.272,81 atau 6.273.

Lantas skenario seperti apa yang akan terjadi jika IHSG menyentuh dan bertahan di angka 6.300?

Baca Juga: IHSG Ditutup Naik 0,3% ke 6.273 Ditopang 255 Saham Menguat

Head of Research Creative Trading System Argha Jonathan Karo Karo mengatakan, skenario jika IHSG menyentuh angka 6.300 ketika asing tidak menjual sahamnya ketika sudah untung atau profit taking.

“Skenario kalau di 6.300 artinya asing enggak segera melakukan profit taking,” ujarnya dalam acara 2nd Session Closing IDX Channel, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: IHSG Sesi I Menguat ke 6.259

Menurut Argha, jika berbicara tentang IHSG maka saat ini tidak bisa dilepaskan dari saham-saham yang dikuasai oleh investor asing. Jika para investor asing ini mulai menaruh uangnya dalam jumlah besar maka IHSG bisa ikut terkerek naik.

“Kalau kita ngomongin IHSG memang diisi oleh saham-saham yang memang dikuasai oleh asing mayoritas jadi kalau akumulasinya cukup banyak sudah 4 hari asing inflow terus nanti pasti mereka bisa naikan IHSG nanti di 6.300 mereka enggak langsung profit taking,” jelasnya.

Sementara itu, jika para investor asing tersebut melakukan penjualan besar-besaran maka IHSG juga akan turun lagi. Oleh karena itu diharapkan para investor asing ini menahan aksi profit takingnya.

“Kalau mereka langsung jualan besar besaran ya memang turun lagi. Jadi harapan kita asing masih terus beli barang dari investor lokal sampai seminggu dua minggu ke depan lah. Jadi IHSG bisa kembali pulih mendekati 6.400 atau 6.500,” kata Argha.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.