Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Menkes: Berapa pun Jumlah Rumah Sakit, Tak Cukup kalau Corona Terus Bertambah

0 1


Menkes: Berapa pun Jumlah Rumah Sakit, Tak Cukup kalau Corona Terus Bertambah
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau vaksinasi massal di UGM. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Menurutnya hal itu penting dilakukan agar kasus corona aktif di Indonesia tidak terus bertambah.

"Pesan saya bahwa rumah sakit di ujung. Sampai kapan pun tidak akan pernah cukup kalau kasus (corona) aktifnya naik terus. Yang harus ditahan kasus aktif dengan menaati protokol kesehatan: pakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan," kata Budi Gunadi Sadikin di Kepatihan Pemda DIY, Kamis (28/1).

Terkait kasus corona yang tembus 1 juta, Budi menjelaskan bahwa yang perlu dilihat saat ini adalah jumlah kasus aktif. Hal ini lantaran berkaitan dengan ketersediaan tempat tidur.

"Yang penting kita lihat jumlah kasus aktif pada waktu tertentu karena 30 persennya membutuhkan perawatan di rumah sakit dan 5 persen membutuhkan ICU," ujarnya.

"Di bulan November misalnya jumlah kasus aktif di Indonesia 50 ribu jadi butuh ruang rumah sakitnya, tempat tidur 30 persen kali 50 ribu jadi 15 ribu tempat tidur," jelas Budi.

Dua bulan dari November, ternyata kasus corona kembali naik menjadi 140 ribu. Kebutuhan tempat tidur untuk pasien corona pun mencapai 42 ribu.

"Jadi bayangkan teman-teman, butuhnya dua bulan lalu 15 ribu, sekarang 42 ribu (tempat tidur)," ujar eks Dirut Bank Mandiri ini.

Lonjakan kasus corona ini diakui Budi karena mobilitas tinggi masyarakat terutama saat liburan.

"Terutama pada saat libur, mobilitas tinggi. Ini naik kenapa, karena liburan kemarin," katanya.

Menurut mantan Wamen BUMN ini, setiap liburan data menunjukkan kasus corona naik 40 persen. Kenaikan otomatis dibarengi dengan kebutuhan tempat tidur.

"Jadi bagaimana caranya bukan hanya menambah tempat tidur, peralatan, tapi bagaimana mengurangi kasus aktif dengan menaati protokol kesehatan dan mengurangi mobilitas kita," ujar Budi.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.