Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Mulai Berinvestasi dan Butuh Analisa Market? Pelajari 5 Hal Ini : Okezone Economy

0 3



JAKARTA Pengusaha baru harus mengetahui target pasarnya siapa. Untuk itu, menganalisis pasar sangat perlu dilakukan dalam memberikan gambaran detail mengenai industri yang dituju dari angka statistik yang diperoleh.

Kegiatan ini sangat perlu dilakukan oleh orang sedang membuka usaha, apalagi pebisnis baru.

Dilansir dari The Balance Small Busines, Jakarta, Rabu (10/2/2021), bagian analisis pasar harus mencakup informasi tentang industri, target pasar, pesaing, dan bagaimana cara untuk membuat tempat untuk produk dan layanan sendiri.

Baca Juga: Jelang Imlek, Intip Cara dan Peluang Keuntungan Bisnis Parsel

Kemudian, ada data ekstensif. Data tersebut untuk bagian ini harus ditambahkan di akhir rencana bisnis sebagai lampiran, dengan hanya statistik paling penting yang disertakan di bagian analisis pasar itu sendiri. Dalam analisis pasar, terdapat beberapa aspek sebelum membuatnya.

Berikut ini telah dirangkum hal-hal apa yang harus diperhatikan sebelum menganalis pasar.

1. Deskripsi dan Pandangan Industri

Dari mendeskripsikan industri yang dipilih, data statistik terperinci akan diperoleh yang dapat membantu menentukan industri, termasuk ukuran, tingkat pertumbuhan, tren, dan pandangan.

Baca Juga: 6 Kunci Sukses Bisnis Rumah Makan Padang

2. Target Pasar

Siapa klien atau pelanggan ideal Anda? Data ini harus mencakup demografi pada grup yang ditargetkan, termasuk usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan preferensi gaya hidup. Bagian ini juga harus mencakup data tentang ukuran pasar sasaran, potensi pembelian dan motivasi audiens, dan bagaimana cara menjangkau pasar tersebut.

3. Hasil Uji Pasar

Di sinilah hasil riset pasar yang dilakukan sebagai bagian dari penyelidikan awal ke pasar akan dimasukan. Rincian tentang proses pengujian dan statistik pendukung harus disertakan dalam lampiran.

4. Lead Time

Merupakan jumlah waktu yang dibutuhkan agar pesanan dipenuhi setelah pelanggan melakukan pembelian. Di sinilah seseorang memberikan informasi tentang penelitian yang telah diselesaikan tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menangani pesanan individu dan pembelian dalam jumlah besar, jika berlaku.

5. Analisis Kompetitif

Hal ini bertujuan mencari tahu siapa pesaing bisnis, apa kekuatan dan kelemahan kompetisi dari pasar yang dituju, hingga untuk mengetahui apa hambatan potensial yang mencegah bisnis memasuki pasar yang begitu luas.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.