Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Pemerintahan Biden Diminta untuk Rilis Kasus Pembunuhan Khashoggi : Okezone News

0 1



AMERIKA – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden didesak untuk merilis laporan yang tidak bersifat rahasia, tentang pembunuhan wartawan Washington Post, Jamal Khashoggi.

Kepala Komite Intelijen Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) pekan lalu, meminta Direktur Intelijen Nasional Avril Haines untuk merilis laporan yang tidak bersifat rahasia mengenai pembunuhan wartawan Arab Saudi itu tanpa penundaan.

Baca juga:  Turki Umumkan 6 Terdakwa Baru Kasus Pembunuhan Khashoggi

Permintaan tersebut menyusul komitmen Haines untuk melakukannya selama sidang konfirmasinya awal bulan ini.

Dalam sebuah surat kepada Haines pada Jumat 22 Januari 2021 lalu, anggota DPR, Adam Schiff, seorang Demokrat dari California, mendesak Kantor Direktur Intelijen Nasional (ODNI) untuk membuat dokumen tidak bersifat rahasia yang melaporkan ke Kongres mengenai.

 Baca juga: Tunangan Jamal Khashoggi Tuntut Putra Mahkota Arab Saudi

“Kesalahan Arab Saudi pada pembunuhan brutal yang dilakukan sebelumnya terhadap wartawan Washington Post dan penduduk AS Jamal Khashoggi,”

Khashoggi, seorang pengecam keras pemerintah Arab Saudi, dibunuh dan jasadnya dipotong-potong pada 2 Oktober 2018, saat mengunjungi konsulat negara itu di Istanbul, Turki.

Selama sidang konfirmasi Haines, Senator Ron Wyden, seorang Demokrat dari Oregon menanyai Haines apakah ia akan menyerahkan kepada Kongres laporan intelijen nasional yang tidak bersifat rahasia mengenai pembunuhan Khashoggi, sebagaimana ditetapkan oleh Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional (NDAA) 2020.

Haines menjawab, “Ya, senator, tentu saja, saya akan menaati hukum.”

Kajian Badan Intelijen Pusat (Central Intelligent Agency/CIA) tidak lama setelah pembunuhan Khashoggi menyimpulkan pembunuhan itu kemungkinan besar dilakukan atas perintah Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, sebagaimana dilaporkan media The Wall Street Journal.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.