Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Profil Mohamed El Shenawy, Kiper Al Ahly yang Sempat Buat Bayern Frustrasi

0 2



Kiper Al Ahly, Mohamed El Shenawy. Foto: Karim Jaafar/AFP

Sesungguhnya, si juara Liga Champions Afrika bisa saja dilibas lebih dari dua gol oleh sang juara Liga Champions Eropa. Namun, itu urung terjadi karena Al Ahly punya Mohamed El Shenawy di bawah mistar.

Flashscore mencatat, El Shenawy membuat lima penyelamatan dalam laga tersebut. Contohnya adalah ketika ia mementahkan peluang Kingsley Coman pada menit 12 dan Marc Roca pada menit 26.

Siapa sebenarnya El Shenawy? Mari mendalami profil Manuel Neuer-nya Al Ahly itu dalam stori ini.

Profil Mohamed El Shenawy

Kiper Al Ahly, Mohamed El Shenawy. Foto: Khaled Desouki/AFP

Kiper bernama lengkap Mohamed El Sayed Mohamed El Shenawy Gomaa ini lahir di El Hamool, Mesir, pada 18 Desember 1988. Dia menghabiskan waktu menimba ilmu sepak bola di akademi Al Ahly selama 2002-2009.

Namun, perjalanannya bersama klub raksasa Mesir itu tak langsung mulus. El Shenawy lebih dahulu terpental dan dilepas ke klub asal Kairo lainnya, Tala’ea El Gaish (2009-2013).

El Shenawy juga tercatat pernah membela Haras El Hodoud (2012-2013) dan Petrojet (2013-2016). Kiper bertinggi lebih dari 190 cm ini kembali direkrut oleh Al Ahly pada Juli 2016.

El Shenawy mendapatkan tempat utama di Al Ahly, menggusur Sherif Ekramy, dengan cara yang keren: Membukukan nirbobol dalam lima dari tujuh laga bersama Al Ahly selama 2018, termasuk saat membantu timnya menjuarai Piala Super Mesir.

Kiprah Mohamed El Shenawy bersama Timnas Mesir

Timnas Mesir. Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany

Tahun 2018 memang menjadi tahun baik bagi Mohamed El Shanawy. Dia berkesempatan dipanggil ke Timnas Mesir. Pada Mei 2018, El Shanawy masuk dalam skuad awal Mesir untuk Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia. Dia bermain dalam laga persahabatan pemanasan melawan Kolombia dan Belgia.

Dalam laga pertama Timnas Mesir di Piala Dunia, yakni kontra Uruguay, El Shanawy dipilih sebagai kiper utama. Sebenarnya, Mesir kalah dalam laga itu, tetapi ia dinobatkan sebagai Man of the Match karena melakukan beberapa aksi penyelamatan.

Hingga stori ini dinaikkan, Mohamed El Shenawy telah mengoleksi 20 penampilan bersama Timnas Mesir.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.