Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Qatar Jajaki Kerja Sama Pertanian dan Energi di Muba

0 3


Pemkab Muba dan Kementerian Pertanian menggelar video conference dengan Kedubes Qatar untuk Indonesia. (Foto. Istimewa)

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menyebutkan, hasil pertanian dan energi tebarukan yang ada di Muba menarik minat pihak luar untuk bekerja sama. Salah satunya Qatar yang sudah sukses dalam peningkatan hasil pertanian yang berdampak langsung kepada petani dan warga.

Bupati Musi Banyuain Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, saat pertemuan dengan Kementerian Pertanian baru-baru ini, pihaknya sempat menggelar video conference dengan Kedubes Qatar untuk Indonesia.

“Saat itu kami berdiskusi dan membahas kerja sama terkait potensi pertanian dan bidang energi baru terbarukan melalui hilirisasi minyak kelapa sawit memproduksi IVO menjadi bensin sawit,” kata Dodis, Sabtu (30/1).

Dodi bilang, Kementerian Pertanian akan memfasilitasi untuk bersinergi dengan Qatar, termasuk agar bisa bertemu dengan Kedubes Qatar membahas kerja sama ini agar lebih maksimal pengelolaan hasil pengan lokal yang dimiliki Muba.

“Mereka merespon positif bahkan mengapresiasi apa yang telah dilakukan di Muba. Selain itu, Kementan akan memfasilitasi serta mempersilakan pihak Kedubes Qatar ke Muba," katanya,

Pada video conference itu, Duta Besar (Dubes) Qatar untuk Indonesia HE Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti menyebutkan, pihaknya akan segera menyiapkan jadwal untuk dialog bersama Kementan RI dan Pemkab Muba dengan harapan dapat bersinergi bidang pertanian agar bisa lebih maksimal.

Menteri Pertanian Dr Syahrul Yasin Limpo SH MSi MH menilai kerja sama di bidang pertanian dan perkebunan nantinya diharapkan dapat berjalan lancar. Potensi hasil pertanian serta energi terbarukan dari komoditas perkebunan di Muba ini nantinya diharapkan dapat menjembatani kerja sama lebih maksimal dari dua negara yakni Indonesia dan Qatar.

Pada kesempatan video conference tersebut diikuti para Dirjen Kementan RI dan Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA. Selain itu didampingi Kepala Bappeda Muba Iskandar Syahrianto, Kepala Dinas TPHP Muba Thamrin, Plt Kepala Dinas Perkebunan Muba Akhmad Toyibir. (eno)



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.