Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Rangkaian Joe Biden Menuju Gedung Putih: Misa Pagi hingga Pidato Duka COVID-19

0 1


Rangkaian Joe Biden Menuju Gedung Putih: Misa Pagi hingga Pidato Duka COVID-19
Ribuan bendera AS jelang pelantikan Joe Biden. Foto: Eric Baradat/AP

Joe Biden akan dilantik sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat pada Rabu (20/1). Lebih dari 25.000 tentara Garda Nasional dikerahkan untuk mengamankan Washington, membantu Polisi, FBI, dan Secret Service.

Apa saja yang akan dilakukan Joe Biden menjelang dan setelah dilantik sebagai orang nomor satu di AS?

  1. Menghabiskan malam di Blair House

Biden dan istrinya, Jill, akan menghabiskan Selasa malam di Blair House. Gedung 'President's Guest House' ini disebut-sebut sebagai hotel paling eksklusif di dunia, karena digunakan untuk memfasilitasi tamu kehormatan dan tamu presiden lainnya. Blair House terletak di seberang Gedung Putih di Lafayette Square.

Rangkaian Joe Biden Menuju Gedung Putih: Misa Pagi hingga Pidato Duka COVID-19 (1)
Joe Biden menyampaikan Pidato kemenangan di Pemilu AS 2020 di di Wilmington, Delaware, pada Sabtu (7/11). Foto: JIM BOURG/REUTERS
  1. Kegiatan agama

Pada Rabu pagi, Biden akan menghadiri Misa di gereja St Matthews di Washington. Ia juga mengundang para pemimpin Kongres dari kedua partai politik, Republik dan Demokrat.

Mereka yang hadir adalah senator Republik, Mitch McConnell, dan anggota Kongres Republik, Kevin McCarthy. Sementara perwakilan Demokrat akan dihadiri oleh senator Chuck Schumer dan anggota Kongres, Nancy Pelosi.

  1. Pengambilan sumpah

Setelah ke gereja, Biden akan melakukan perjalanan dalam iring-iringan mobil menuju Capitol Hills. Biden dan wakilnya, Kamala Harris, akan dilantik dan memberikan pidato pengukuhan.

Di pengujung acara, penyanyi Lady Gaga dijadwalkan menyanyikan lagu kebangsaan, sementara Jennifer Lopez akan tampil bernyanyi menghibur tamu.

Selain itu, sesuai tradisi, presiden AS yang baru dilantik akan makan bersama anggota Kongres di gedung Capitol.

  1. Mengunjungi Pemakaman Nasional Arlington

Sore harinya, Biden mengunjungi Pemakaman Nasional Arlington untuk prosesi peletakan karangan bunga untuk para tokoh yang gugur. Biden akan ditemani oleh eks presiden AS; Barack Obama, George W. Bush, dan Bill Clinton. Trump diprediksi tidak hadir.

  1. Menuju Gedung Putih

Dari Arlington, Biden menuju Gedung Putih. Sebagai simbolik, ia akan sedikit berjalan kaki hingga memasuki rumah barunya yang dikelilingi oleh barisan militer.

Rangkaian Joe Biden Menuju Gedung Putih: Misa Pagi hingga Pidato Duka COVID-19 (2)
Kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden dan calon Wakil Presiden Kamala Harris setelah menerima pencalonan presiden dari Partai Demokrat 2020 di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, pada 20 Agustus 2020. Foto: Kevin Lamarque/REUTERS
  1. Berpidato di Lincoln Memorial

Pada pukul 8.25 malam, Biden dan Harris memberikan pidato di Lincoln Memorial untuk menghormati 400.000 orang di AS yang telah meninggal akibat COVID-19.

Aktor Tom Hanks nantinya juga akan membawakan acara bertajuk "Celebrating America", disiarkan di semua jaringan utama televisi AS.

Jon Bon Jovi, Foo Fighters, John Legend, Demi Lovato, Bruce Springsteen, Justin Timberlake, dan Luis Fonsi turut diundang dalam acara ini.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.