Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Rumah Pintar, Salah Satu Upaya Warga Tumbuhkan Minta Baca : Okezone News

0 0



SEMARANG – Rumah baca menjadi pilihan warga dan anak-anak di semarang, Jawa Tengah (Jateng), selama masa pandemi Covid-19. Mereka tergerak untuk mengumpulkan aneka jenis buku agar anak-anak semakin tinggi minat bacanya dan tak terus bergantung pada gadget.

Anak-anak di RW 12 Kelurahan Pudakpayung Kota Semarang, kini memiliki kesibukan baru, mereka mengunjungi rumah pintar untuk meminjam beragam jenis buku. Bukan hanya buku pelajaran sekolah, namun juga terdapat buku-buku fiksi.

Rumah pintar tersebut sengaja dihadirkan pada masa pandemi sebagai alternatif belajar anak-anak. Sebab, kini anak-anak memiliki ketergantungan tinggi terhadap gadget.

Bukan hanya untuk pembelajaran daring, tetapi gadget menjadi alat menghabiskan waktu setiap hari.

Karena itu, selepas mengikuti pembelaran daring di rumah masing-masing, anak-anak diarahkan menuju rumah pintar. Bukan hanya membaca buku, mereka juga masih bisa berinteraksi dengan teman-temannya meski dengan jumlah terbatas.

“Karena lagi daring jadi enggak bisa pinjam buku ke sekolah, mungkin bisa pinjam buku di sini,” ujar salah seorang pelajar, Devy Pramudiasti, Senin 15 Februari 2021.

Baca Juga : Jalaluddin Rakhmat Meninggal, Sejumlah Tokoh Puji Karyanya

Sekira 1.000 judul buku yang tersedia di rumah pintar itu. Buku tersebut berasal dari warga yang secara sukarela menyumbangkan buku-bukunya untuk memperkaya koleksi rumah pintar.

Selain itu, juga buku juga berasal dari sumbangan berbagai pihak, yang bertujuan menumbuhkan gerakan literasi di tengah masyarakat.

(aky)



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.