Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Sudah 10 Juta Warga Inggris Disuntik Vaksin Corona Dosis Pertama

0 3


Sudah 10 Juta Warga Inggris Disuntik Vaksin Corona Dosis Pertama
Sejumlah warga Inggris disuntik vaksin corona di Winding Wheel Theatre, Chesterfield, Inggris. Foto: Carl Recine/REUTERS

Lebih dari 10 juta warga Inggris telah menerima dosis pertama vaksin corona hingga Rabu (3/2) waktu setempat. Sementara hampir 500 ribu orang telah mendapatkan dosis kedua.

Kementerian Kesehatan Inggris mengatakan 10.021.471 orang telah mendapat suntikan sejak dimulainya vaksinasi massal pada awal Desember 2020. Sementara, sebanyak 498.962 lainnya telah mendapatkan dosis kedua.

Perdana Menteri Boris Johnson memuji pencapaian ini sebagai "tonggak sejarah" penanganan pandemi. Ia menargetkan 15 juta orang rentan divaksin hingga pertengahan Februari.

"Ada banyak orang dan kelompok yang bertanggung jawab atas program vaksinasi di Inggris," jelasnya dikutip dari AFP, Kamis (4/2).

Sudah 10 Juta Warga Inggris Disuntik Vaksin Corona Dosis Pertama  (1)
Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson. Foto: Ian Vogler/Pool via REUTERS

Ia mengajak semua orang, mulai dari ilmuwan hingga sopir ekspedisi hingga apoteker untuk terus berperan dalam program vaksinasi.

"Dan berkat upaya mereka, yang paling kolosal dalam sejarah Layanan Kesehatan Nasional kami, kami hari ini telah melewati pencapaian itu (vaksinasi 10 juta orang)," jelasnya.

Johnson telah dikritik karena penanganan pandemi. Saat ini, ia menggantungkan harapannya dalam mengurangi lockdown nasional ketiga untuk melanjutkan vaksinasi yang sukses.

Sudah 10 Juta Warga Inggris Disuntik Vaksin Corona Dosis Pertama  (2)
Seorang warga Inggris disuntik vaksin corona di Newcastle upon Tyne, Inggris. Foto: Lee Smith/REUTERS

Johnson berencana untuk merinci rencananya dalam mencabut pembatasan di Inggris pada 22 Februari mendatang. Rencananya, mulai 8 Maret sekolah-sekolah akan mulai dibuka kembali.

Inggris adalah negara Barat pertama yang menyetujui penggunaan Pfizer-BioNTech di luar uji klinis, bersamaan dengan vaksin yang dikembangkan Universitas Oxford dan AstraZeneca.

Sudah 10 Juta Warga Inggris Disuntik Vaksin Corona Dosis Pertama  (3)
Brian Pinker, saat disuntik vaksin Universitas Oxford / AstraZeneca di Rumah Sakit Churchill, Oxford, Inggris, Senin (4/1). Foto: Steve Parsons / Pool / AFP

Kemudian vaksin dari Moderna, juga telah disetujui dan akan mulai dipakai dalam beberapa bulan mendatang. Regulator sedang mempelajari data uji coba dari vaksin keempat yang dikembangkan oleh Novavax.

Inggris telah terpukul parah akibat pandemi corona. Pada Rabu tercatat 1.322 kematian baru dalam 28 hari setelah tes positif, menjadikan total keseluruhan kasus kematian menjadi 109.335.

Sementara kasus positif bertambah 19.202 dalam 24 jam terakhir, dengan total kasus mencapai 3,9 juta.

Sudah 10 Juta Warga Inggris Disuntik Vaksin Corona Dosis Pertama  (4)
Trevor Cowlett, saat disuntik vaksin Universitas Oxford / AstraZeneca di Rumah Sakit Churchill, Oxford, Inggris, Senin (4/1). Foto: Steve Parsons / Pool / AFP

Flanking Johnson, Kepala Petugas Medis Inggris Chris Whitty, mengatakan statistik terbaru menunjukkan gelombang ketiga pandemi corona di Inggris tampaknya telah memuncak. Namun tetap meminta kewaspadaan semua orang.

"Itu tidak berarti Anda tidak akan pernah bisa mencapai puncak (pandemi) lagi, tetapi pada saat ini asalkan orang terus mengikuti pedoman (protokol kesehatan), kasus kami menurun, rawat inap dan kematian (menurun)," jelasnya.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.