Kompaspolitik.com
Koran Digital Kekinian

Usai Liga 1 2020 Dibatalkan, Ketum PSSI Minta PT LIB Siapkan Kompetisi Baru : Okezone Bola

0 4


JAKARTA PSSI akhirnya memutuskan untuk membatalkan kompetisi Liga 1 dan 2 2020. Pengumuman penting itu disampaikan oleh pihak PSSI pada Rabu (20/1/2021) dan memastikan bahwa tak ada pemenang dan klub yang terdegradasi atau promosi.

Keputusan pembubaran kompetisi Liga 1 dan 2 2020 dirasa menjadi solusi terbaik yang memang harus diambil. Apalagi sebelum PSSI mengambil keputusan itu, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, Exco PSSI, dan perwakilan klub-klub Liga 1 dan 2 sudah saling bersua secara virtual untuk membahas masalah itu.

Kesimpuan dari hasil rapat tersebut adalah Liga 1 dan 2 2020 resmi dibatalkan. Dengan beberapa poin penting seperti tak ada yang juara dan tim yang bermain di Liga 1 dan 2 2020 bakal sama persis untuk kompetisi selanjutnya.

Baca Juga: Selain Dibatalkan dan Tanpa Juara, Ini Putusan Exco PSSI soal Liga 1 dan 2 2020

Logo PSSI

Lantas, pertanyaannya kini kapan Liga 1 dan 2 2021 mulai bergulir? Menurut pemaparan Sekjen PSSI, Yunus Nusi, untuk sekarang ini pihak PSSI sudah meminta kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk membuat rencana jadwal Liga 1 2021.

Yunus mengatakan PSSI perlu tahu jadwal yang PT LIB rencanakan agar sesuai dengan program pertandingan yang bakal diikuti oleh Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Jadi, untuk sekarang ini semua tergantung kepada kinerja dari PT LIB.

“Tentang formatnya (Liga 1 2021), Ketum PSSI (Mochamad Iriawan) mengarahkan kepada PT LIB untuk membuat format kompetisi, berikut jadwalnya. Supaya (ada) sinkronisasi antara jadwal timnas dan jadwal yang dibuat PT LIB untuk di 2021 ini,” jelas Yunus, seperti yang disampaikan kepad awak media, Rabu (20/1/2021).

“PT LIB diminta untuk membuat format kompetisi dan jadwalnya. Karena perlu melakukan diskusi yang lumayan rumit karena menyangkut sinkronisasi antara jadwal Timnas senior, ada SEA Games dan lain, jadi itu perlu waktu,” tambahnya.

“Ketika PT LIB sudah membuat format, sistem, dan jadwal yang bagus kami akan pelajari dan kami akan lanjut melalui rapat exco,” lanjut Yunus.

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan (PSSI)

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita sebelumnya sudah mengatakan bahwa keputusan Exco PSSI itu karena meneruskan apa yang menjadi hasil diskusi dengan para perwakilan klub-klub Liga 1 dan 2 dalam pertemuan virtual.

“PT LIB sudah mempresentasikan alasan kenapa liga tidak diizinkan, termasuk surat permohonan izin dan berbagai upaya yang sudah dilakukan termasuk melakukan kunjungan kepada petinggi/pejabat terkait,” tambah Akhmad.

“Kesimpulannya klub-klub Liga 1 ingin menatap musim baru. Mereka menginginkan musim 2020 dibatalkan dan musim 2021 dimulai. Demikian pula dengan mayoritas klub Liga 2 sepakat agar kompetisi musim 2020 dibatalkan,” tutup Direktur Operasional PT LIB Sudjarno.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.